Social Icons

facebook google plus email

Friday, January 13, 2012

Tips Optimalisasi Windows Dengan Menghemat Penggunaan RAM

Share on :
RAM (Random Access Memory) adalah internal storage yang merupakan salah satu komponen utama pada komputer dan berfungsi dalam pengendalian sistem, menyimpan sistem aplikasi dan pengolahan data.

Besar kecilnya kapasitas RAM juga menentukan kinerja dari sistem operasi komputer. Semakin banyak service yang aktif pada sistem operasi, maka ruang kosong pada RAM akan semakin berkurang, hal ini dapat membuat kinerja dari sistem operasi menjadi lambat, apalagi bila anda yang menggunakan RAM  yang berkapasitas kecil.

Cara untuk melihat seberapa besar RAM anda terbebani adalah melalui Task Manager, silakan tekan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete untuk membuka jendela Task Manager, kemudian pilih tab Performance, perhatikan pada kotak PF Usage.



 Jika anda menggunakan RAM berkapasitas 512 Mb, sedangkan ruang kosong yang dibutuhkan adalah 1Gb, berarti  488 Mb lagi akan dibebankan ke VGA atau Hardisk. Ini dapat menyebabkan komputer menjadi kurang responsif.

Oleh karena itu, sebaiknya kita melakukan pengecekan service apakah yang paling banyak memakan memory, kemudian mematikan service tersebut agar mengurangi beban pada RAM, sebelumnya jangan tutup dulu jendela Task Manager, karena akan kita gunakan pada langkah selanjutnya. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan :

  • Jalankan Command Prompt melalui menu run, kemudian ketik cmd dan tekan enter.
  • Setelah jendela comman prompt terbuka ketikkan perintah tasklist /svc kemudian tekan enter.
  

  •  Perhatikan pada kolom PID, svchost.exe pada PID dengan nomor 1120 adalah service yang paling banyak menggunakan memori. Jika memang tidak dibutuhkan, sebaiknya matikan service tersebut bila anda merasa service tersebut memang tidak diperlukan.
Berikut langkah-langkah mematikan service diatas :
  • Kembali ke Task Manager sebelumnya, pilih tab Process, maka akan tampil daftar service yang sedang dijalankan.
  • Untuk mengetahui PID number dari service tersebut klik menu view, pilih Select Columns. Kemudian beri tanda cheklist pada pilihan PID (Process Identifier) dan klik OK.
  • Cari svchost.exe dengan PID 1120 tadi di kolom Image Name pada Task Manager, kemudian klik kanan dan pilih End Process.


Semoga info diatas bermanfaat....


Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

0 komentar:

Post a Comment

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->