Social Icons

facebook google plus email

Saturday, April 21, 2012

Tips Memaksimalkan Kinerja Windows

Share on :
Terkadang kita merasa bosan dengan kinerja windows yang lambat dan kurang responsif. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti banyaknya beban di RAM, terlalu banyak program yang dijalankan saat startup, atau data diharddisk yang banyak.

Pada posting kali ini saya akan membagikan tips dan trik mudah untuk mengoptimalkan kinerja windows. Selain itu juga ada trik-trik untuk modifikasi windows dalam melakukan pemanggilan progaram secara cepat dengan sebuah key.


Dengan melakukan trik-trik berikut ini, akan dapat meningkatkan kinerja windows sekitar 20%. Berikut ini sedikit tips dan trik untuk memaksimalkan kinerja windows.

 1. Kurangi startup pada saat windows booting.

Pada saat pertama kali komputer dihidupkan, windows akan secara otomatis menjalankan program-program tertentu, padahal program-program tersebut tidak dibutuhkan pada saal windows boot. Untuk mengoptimalkan windows, sebaiknya kita mematikan program-program tersebut jika memang tidak dibutuhkan saat komputer booting.
Silakan sobat baca Tips optimalisasi windows dengan mengurangi startup dengan msconfig untuk melihat langkah-langkahnya.


2. Melakukan penghematan pada RAM

Kinerja windows juga tergantung dari besar kecilnya kapasitas RAM, jika anda memiliki RAM berkapasitas kecil seddangkan komputer sobat harus menjalankan banyak service. Hal ini akan membebankan RAM sehingga wimdosw menjadi lambat. Untuk melakukan penghematan RAM sobat bisa baca Tips optimalisasi windows dengan menghemat penggunaan RAM untuk mengetahui triknya.

3. Memperbesar chace NTFS melalui registry

Apabila dalam sebuah folder kita menyimpan banyak data, terkadang pada saat ingin membuka folder tersebut membutuhkan sedikit waktu atau terasa berat saat mengakses folder tersebut. Hal ini disebabkan karena windows akan membuat sebuah chace pada saat akan mengakses sebuah folder. Dengan memperbesar nilai chace pada memory maka akses akan semakin cepat.
Silakan sobat lihat Tips optimalisasi windows dengan memperbesar chace NTFS melalui registry.

4. Membuat shortcut untuk perintah shutdown, restart dan lain sebagainya.

Dengan membuat shortcut untuk perintah shutdown, restart dan lain sebagianya, pada saat ingin mematikan komputer, kita tidak perlu lagi repot-repot membuka start menu, memilih turn off computer dan mengklik turn off. Cukup dengan mengklik ganda shortcut maka windows akan mati secara otomatis, dan kita juga dapat melakukan setting berapa lama waktu jeda sebelum windows mati. Selain itu kita juga dapat membuat shortcut untuk membatalkan shutdown.

Langkah-langkahnya dapat sobat lihat di Cara membuat shortcut untuk perintah shutdown, restart dan sebagainya.


5. Mematikan fungsi autorun

Aktifnya fungsi autorun dapat menghambat kinerja windows sobat, selain itu autorun yang aktif dapat memperlebar celah masuknya virus. Untuk keamanan dan memaksimalkan kinerja windows sebaiknya kita mematikan funsi autorun tersebut.

Untuk lebih jelasnya pembahasan mengenai autorun dan langkah-langkah menon aktifkanya dapat dilihat di Cara Mematikan Fungsi Autorun.


6. Buat Otomatis Restart Saat Windows Crash / Hang

Cara singkat mengatasi windows yang crash / hang adalah dengan merestart komputer, tapi ga semua penyebab crash / hang nya windows bisa diatasi hanya dengan restart, tergantung dari penyebabnya alias biang kerok yang bikin windows jadi crash. Tapi ga ada salahnya mencoba langkah sederhana ini untuk mengatasinya sebagai tindakan awal. Untuk langkah settingnya silakan sobat lihat di Tips Restart Otomatis Saat Windows Crash / Hang


7. Memanggil program dengan cepat menggunakan kombinasi key pada keybord.

Pada saat ingin membuka sebuah program, misalnya Microsoft Office Word terkadang kita harus membuka start menu, pilih all programs, kemudian pilih microsoft office dan mengklik microsoft office word. Dengan membuat sebuah key kita cukup menekan kombinasi tombol pada keybord maka program tersebut akan langsung terbuka.

Berikut langkah-langkahnya, misalnya kita akan membuat key untuk memanggil program microsoft office word :
  • Klik Start - pilih all programs - pilih microsoft office - kemudian klik kanan microsoft office word - pilih properties.
  • Setelah jendela microsft office word properties muncul, letakan kursor pada kotak shortcut key
  • Tekan kombinasi tombol pada keybord (biasanya diawali dengan ctrl + alt / ctrl +shift), disini saya contohkan dengan kombinasi ctrl + alt + w
  • Kemudian klik tombol OK
  • Untuk mencobanya, silakan tekan kombinasi tombol ctrl + alt + w pada keybord, jika microsoft office word terbuka berarti key dibuat barusan berhasil.
Catatan : Sebaiknya hanya program-program yang biasa sobat gunakan saja yang dibuat key nya, agar tidak bingung saat menjalankan program melalui key, apabila sobat membuat membuat key untuk program yang jarang digunakan.

Semoga bermanfaat infonya.....




Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

0 komentar:

Post a Comment

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->