Social Icons

facebook google plus email

Wednesday, August 29, 2012

Membuat Efek Marquee Dengan Visual Basic 6.0

Share on :
Apa kabar sobat...??

Mohon maaf sebelumnya, saya sempat menghilang beberapa hari ini karena lagi asik ngurus blog saya yang ke-2 ampe gak ada waktu buat ngepost di blog ini.

Ok deh, kali ini saya akan membagikan lagi sedikit ilmu pemrogran Visual Basic 6.0. Kali ini kita akan membuat efek marquee untuk memperindah tampilan form.

Sama seperti di halaman web, efek marquee juga bisa kita buat pada form project VB 6.0, cuma beda scriptnya aja koq, kalo di webkan pake HTML, klo di VB kita pake fungsi Timer.

Silakan sobat ikuti langkah berikut untuk uji coba :
  • Tambahkan 1 buah Label dan satu buah buah Timer di form.
  • Ubah caption Label tersebut melalui kotak properties dengan kalimat "Membuat Efek Marquee Dengan Visual Basic 6.0"
  • Atur interval timer menjadi 30
  •  Kemudian double klik pada Timer1 dan masukkan script berikut :
  • Silakan sobat running, jika berhasil maka tulisan "Membuat Efek Marquee Dengan Visual Basic 6.0" akan bergerak dari kanak ke kiri.
Selanjutnya kita akan membuat efek marquee pada judul form, berikut langkah-langkahnya :
  • Tambahkan satu buah Timer lagi di form
  • Ubah interval Timer tersebut melalui kotak properties menjadi 300.
  • Kemudian masukkan script berikut ini pada bagian coding :

Untuk lebih memahaminya silakan sobat coba utak atik sendiri dengan kreasi sobat.
Selamat mencoba....

Salam...


Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

2 komentar:

  1. Nice Info gan..
    Ane coba dulu eah... :)

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing a very useful article, Download Free Tool IM below this :
    Download Free Tool IM

    ReplyDelete

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->