Social Icons

facebook google plus email

Thursday, March 29, 2012

Analisa Wazzub | Percayakah Anda....?

Share on :
Bebrapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah info yang cukup menarik, mungkin beberapa dari anda pernah mendengar tentang Waazub, search engine yang katanya akan diluncurkan pada tanggal 9 April mendatang, kononnya search engine ini akan membayar setiap penggunanya yang menjadi member. Untuk kretiria income dan mengenai Wazzub, lebih lengkapnya bisa anda baca pada posting saya yang berjudul Tentang Wazzub.com | Benar Atau Hoax...?

Kalau emang benar informasi tersebut, berarti Google harus bersiap untuk kehilangan penggunanya, karena Google justru mendapat income dari layanan mesin pencarinya yang biasa kita gunakan, sedangkan untuk pengguna hanya mendapatkan manfaat dari layanan Google tersebut dan bukan dalam bentuk uang.

Cara daftar untuk menjadi member Wazzub pun sangat mudah, cukup dengan mengklik sebuah link reveral milik member lain yang sudah terdaftar, kita hanya perlu mengisi form sederhana dengan biodata kita.

Karena penasaran saya langsung turun ke TKP untuk mencari tahu, sebagai seorang yang berkecimpung dibidang IT, walaupun bukan seorang pakar (bisa dibilang masih anak kemaren sore), saya menemukan banyak kejanggalan pada website ini yang mudah-mudahan bisa menjadi sedikit referensi. Masalah benar atau gaknya analisa saya bisa kita lihat nanti pada tanggal 9 April, Kalau analisa saya benar berarti sudah banyak yang tertipu oleh situs ini dan kalau salah beruntung buat mereka yang telah menjadi member.

Berikut kejanggalan yang saya temui di situs Wazzub yang mungkin situs ini hanyalah scam alias penipuan :

 1. Teralu sederhana
Jika anda membuka www.wazzub.com anda tidak akan menemukan link yang menjelaskan secara detail mengenai perusahaan mereka di situs ini, yang akan anda temui hanyalah link ke blog wazzub, halaman facebook, twitter dan kalkulator wazzub. Pada halaman ini anda hanya diiming-imingi dengan pengahasilan seumur hidup tanpa batas. Bukankah terlihat aneh jika sebuah situs search engine yang mungkin saja bisa menyangi Google nantinya memiliki halaman situs yang sesederhana ini…?

2. Redirect Domain
Seperti penjelasan diatas, melalui url www.wazzub.com anda tidak akan menemui link pendaftaran / sign up. Karena sebenarnya domain wazzub adalah www.wazzub.info, sangat tidak wajar bila sebuah perusahaan besar penyedia jasa search engine menggunakan domain .info (dot info), karena doamain ini adalah domain gratis. Sedangkan url www.wazzub.com hanyalah redirect alias pengalihan.

3. Pendaftaran Yang Apa Adanya.
Coba anda klik link Daftar Wazzub ini dan Perhatikan form biodata yang harus anda isi, sangat sedikit sekali informasi yang harus anda lengkapi untuk menjadi member. Setelah anda mendaftar, anda akan mendapatkan verifikasi akun ke email dan kemudian anda diminta login untuk mendapatkan link referral anda. Namun saat anda sudah berada di member area, anda tidak akan menemukan layanan yang mengizinkan anda untuk melakukan perubahan / edit informasi member. Bahkan anda tidak mendapatkan informasi mengenai bagaimana cara mereka membayar anda, apakah melalui rekening bank, akun paypal dan lain sebagainya.

4. Kemungkinan SEO Trick
Bisa jadi ini hanyalah salah satu trik SEO (Search Engine Optimization) yang bertujuan untuk menaikan trafik dan page range di alexa atau search engine seperti Google, karena semakin tinggi page range sebuah situs kemungkinan harga lelang domain tersebut akan semakin mahal.

5. Blog Yang Tidak Professional
Jika anda mengunjungi blog Wazzub di www.heywazzub.blogspot.com anda bisa menilai betapa tidak profesionalnya blog tersebut, dengan tampilan yang apa adanya sehingga terlihat sangat pemula. Bukankah aneh jika sebuah perusahaan besar yang kononnya akan membayar pengguna dalam menggunakan fasilitas jasa mereka justru menggunakan site builder gratisan seperti blogger dan tidak mendirect domain/url blog tersebut.

6. Bahaya Pishing
Sekedar antisipasi terhadap tindakan hacking, ada kemungkinan kalau ini adalah sebuah pishing atau sebuah fake login yang meminta kita untuk mengisi data yang memungkinkan terjadinya pembobolan terhadap akun kita di situs lain.

7. Counter Member
Perhatikan perbedaan tampilan berikut, gambar dibawah saya print screen dari dua url wazzub yang berbeda :

http://www.wazzub.info

http://signup.wazzub.info

Gambar diatas adalah tampilan wazzub yang saya print screen pada waktu yang bersamaan. Pada http://www.wazzub.info tertera jumlah member telah mencapai 1200000 orang, sedangkan pada http://signup.wazzub.info jumlah member terus bertambah tiap detik, cukup lama saya perhatikan counter member di http://signup.wazzub.info tersebut, petambahan jumlah member bisa dibilang sangat dinamis, bahkan lebih mirip seperti jam yang detiknya terus bertambah, bahkan tidak pernah ada jeda henti hingga 2 detik saja.

Yang namanya manusia selalu saja mudah terjebak dengan cara instan mendapatkan uang, tapi tidak ada salahnya juga bila kita harus selalu berhati-hati terhadap segala tindak penipuan. Bukan maksud saya untuk men judge wazzub adalah sebuah situs scam/penipu, ini hanya sebagian dari rasa penasaran saya karena hampir tiap hari bergelut dengan internet, terutama situs-situs yang membayar, karena saya juga memiliki akun di beberapa situs yang membayar saya atas kerjasama yang terjalin sedangkan wazzub sendiri memiliki karakteristik yang jauh berbeda dan bahkan sangat meragukan dari situs-situs berbayar lainnya.

Semoga Info Diatas Bermanfaat....




Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

8 komentar:

  1. Saya percaya Wazzub akhirnya SCAM ...
    .info itu kalo setahu sy tidak gratis ... hanya itu memang domain ekstensi termurah ..

    Dari pertama muncul, sy juga sudah prediksi itu .. makanya sy emoh daftar ...

    Nice share ...

    ReplyDelete
  2. @Ricdetop : thank's udh berkunjung....
    sy smpt dftr wazzub, karna pngen tw lebih jauh lg ttg website yg satu ini....
    trnyata sesuai dgn dugaan saya sblmnya, klo wazzub adlh scam...

    mkasih juga buat tmbhan ttg .info nya mas bro...

    keep blogging.... :)

    ReplyDelete
  3. Hadir lagi ... makasih udah kunjungi blog sederhana saya ... Tadi klik tombol replynya kok ga muncul2 box nya .. jd komen baru lagi ni gan ...

    Terus berbagi dan berbagilah terus ...

    Support here ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ricdetop : makasih gan, sya jg cm newbie di blogger,,...
      maaf klo td tombol reply nya ga bs...,, tp udh sya perbaiki koq....

      keep sharing aja gan....
      :)

      Delete
  4. saya sama sekali tidak tertarik dengan wazzub itu gan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,, sya jg ngrasa aneh gan,, mkanya dselidiki dulu...
      gra2 bnyak yg pada heboh dftr wazzub...
      gak nyadar, trnyata mereka pda ktipu....,, makanya sya bikin posting ini...

      makasih atas kunjungannya gan... :)

      Delete
  5. hehee,...wanzuuuub, moga aja tidak scam ya gan, toh kalau pun scam kita hanya rugi waktu, biaya broswer kita dan rugi harapan, tanks gan infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe,, sebenarnya saya jg kurang yakin gan....
      apalgi katanya tgl 9 april diluncurkannya...
      skrg udh tgl 16 gan....
      hehehehe...

      thank's udh mampir gan....
      :)

      Delete

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->