Social Icons

facebook google plus email

Tuesday, January 24, 2012

Tips Restart Otomatis Saat Windows Crash / Hang

Share on :
Untuk menetralkan ketimpangan pada sistem sebenarnya windows akan melakukan reboot/restart saat crash atau bahasa awamnya hang.

Penyebab hang/crash pada sistem disebabkan oleh gangguan pada hardware atau software yang bila tidak segera ditangani akan memperburuk kinerja komputer.

Cara singkat mengatasi windows yang crash / hang adalah dengan merestart komputer, tapi ga semua penyebab crash / hang nya windows bisa diatasi hanya dengan restart, tergantung dari penyebabnya alias biang kerok yang bikin windows jadi crash.
Tapi ga ada salahnya mencoba langkah sederhana ini untuk mengatasinya sebagai tindakan awal. Yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana bisa ngerestart, sedangkan windows ga ngerespon sedikitpun....?

Maka dari itu, kita akan membuat sistem otomatisnya, jadi jika windows crash / hang, maka sistem akan merestart secara otomatis tanpa kita harus pusing klik sana sini.

Ada 2 cara sederhana membuat sistem otomatisnya, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Melalui Registry Editor :
  • Masuk ke registry editor melalui menu run, ketikkan regedit kemudian tekan Enter.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka cari key : HKEY_LOCAL_MACHINE --> SYSTEM --> CurrentControlSet --> Control --> CrashControl
  • Cari DWORD value AutoReboot, jika sudah ada pastikan valuenya bernilai 1 (berarti otomatis restart sudah aktif)
 
  • Jika belum ada, buat DWORD value tersebut dengan cara klik menu Edit, pilih New dan klik DWORD value dan beri nama AutoReboot
 
  • Kemudian klik ganda DWORD value AutoReboot tersebut kemudian isikan angka 1 pada kotak value data, klik OK dan restart komputer.

 2. Melalui My Computer
  • Klik start menu kemudian pilih dan klik kanan My Computer, pilih Properties.
  • Setelah jendela System Properties muncul pilih tab Advance, kemudian klik tombol Setting pada kotak Startup and Recovery
 
  • Setelah jendela Startup and Recovery muncul, beri tanda checklist pada Automaticlly Restart yang berada pada kotak System Failure kemudian klik OK.
 
Semoga tipsnya bermanfaat.....


Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

0 komentar:

Post a Comment

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->