Social Icons

facebook google plus email

Monday, January 9, 2012

Membuat Aplikasi Enskripsi dan Deskripsi Menggunakan Algoritma Chiper Substitusi Dengan Visual Basic 6.0

Share on :
Pada posting kali ini saya akan membagi sedikit ilmu pemrograman yang saya punya, saya akan menunjukan bagaimana cara membuat aplikasi kriptografi sederhana menggunakan bahasa pemrograman visual basic 6.0.

Sebelumnya akan saya jelaskan sedikit mengenai kriptografi bagi yang belum tau....

Kriptografi adalah ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan yang dikirim sampai ke tujuan. 



Ilmu kriptografi dapat diklasifikasikan atas 2 bagian
  • Kriptografi klasik
  • Kriptografi modern 
Kriptografi mempunyai 2 proses :
  • Enskripsi : Proses pengacakan data menggunakan sebuah key agar tidak dapat dibaca oleh pihak lain.
  • Deskripsi : Proses mengembalikan data yang telah diacak menjadi data asli dengan sebuah key.
 Komponen kriptografi :
  • Plaintext : Data asli
  • Chipertext : Data yang telah diacak.
Berikut ini akan saya tunjukan bagaiman membuat sebuah aplikasi enskripsi dan deskripsi sederhana menggunakan salah satu algoritma substitusi chiper yang merupakan salah satu ilmu kriptografi klasik, yaitu Caesar Chiper dengan bahasa pemrograman Visual Basic 6.0.
Yang pertama, anda sebaiknya telah mengenal bahasa pemrograman visual basic, karena saya tidak akan menjelaskan secara detail mengenai bahasa pemrograman yang satu ini.

Buat disain form seperti gambar berikut, pastikan nama Text box dan command button nya sama dengan gambar, agar saat memasukkan script nantinya tidak terjadi kesalahan.

Bukalah form code dari disain diatas kemudian masukkan script berikut ini :



Selamat Mencoba..... 


Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

0 komentar:

Post a Comment

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->