Social Icons

facebook google plus email

Friday, December 23, 2011

Antivirus untuk Virus Shortcut (Ramnit) Recycle

Share on :

Belakangan ini banyak yang bertanya pada saya, bagaimana cara membasmi virus shortcut (ramnit). Walaupun masalah ini telah banyak dibahas di berbagai website dan blog. Tapi tidak ada salahnya saya berpartisipasi membagi informasi cara penanggulangan virus shortcut (ramnit) tersebut dari pegalaman yang pernah saya alami.

Sebelumnya kita bahas dulu sekilas tentang virus yang menjengkelkan ini. Virus shorcut atau ramnit recycle adalah salah satu trojan/backdoor  dan Win32.Siggen.8, yang menginjeksi file HTML, EXE, DLL dan file-file lainnya di windows yang menyebabkan kinerja komputer menjadi lambat.

Ciri-ciri komputer yang terinfeksi virus ini adalah, bila dicolokin falshdisk maka pada windows explorer akan muncul file Copy of Shortcut to (1),(2),(3),(4).lnk dan folder Recycle berisi bermacam-macam file didalamnya. Ciri lainya adalah, apabila kita menyimpan file yang berekstensi HTML maka dapat dilihat size file tersebut bisa mencapai ratusan mega byte. Yang pernah saya alami ketika laptop saya terinfeksi virus ini adalah, semakin lama free space harddisk semakin banyak terpakai, padahal saya tidak menambah data apapun ke harddisk. Hal disebabkan karena saya banyak menyimpan file yang berekstensi HTML di harddisk, file HTML yang terinfeksi tersebut semakin lama semakin besar sizenya, hingga harddisk saya menjadi overflow.

Cara penanggulangan dengan antivirus
Dari pengalaman saya, saya pernah menggunakan dua buah antivirus yang hasilnya memuaskan untuk membasmi virus shortcut ini. Berikut antivirus yang pernah saya gunakan :

1. PCMAV Ramnit Killer
Tampilan PCMAV Ramnit Killer
 

2. Dr. Web CureIt!  (Download Disini)
 
Klik link download seperti gambar diatas
  • Setelah klik link download tersebut kita akan diminta mengisi nama dan email pada form yang tersedia, tekan tombol Next.
  • Kemudian isi form yang tersedia kemudian klik Send  
  • beri tanda checklist pada ”I accept Dr.Web License Agreement” yang terdpat dibagian bawah kemudian klik tombol Continues 

Tampilan Antivirus Dr. Web CureIt!

 
Setelah mendownload salah satu antivirus diatas lakukan scaning secara keseluruhan melalui save mode, bukan dari windows normal dan jangan mengaktifkan aplikasi lain selama proses scanning berlangsung. Setelah proses scaning selesai restart komputer dan masuklah ke windows seperti biasa.


Sedikit tips tambahan dari saya :
  • sebaiknya matikan fungsi autorun/autoplay dikomputer anda, untuk cara mematikan fungsi autorun silakan baca Cara Mematikan Fungsi Autorun .
  • Jangan langsung membuka explorer saat flashdisk dikoneksikan kekomputer, lakukanlah scanning terlebih dahulu
  • Berhati-hati jika menyimpan file yang berekstensi HTML, pastikan file tersebut dalam size yang wajar (biasanya size file HTML tidak lebih dari 1 mega byte)
  • Jika setelah melakukan scaning windows masih terasa tidak stabil, sebaiknya install ulang windows anda.
Sejauh ini saya menggunakan antivirus Avast yang di update setiap hari dan Smadav terbaru, untuk memproteksi windows secara real time, Alhamdulillah, sampai hari ini masalah virus shortcut dapat diatasi dan bisa dihapus. Silakan juga jika ingin mencoba cara proteksi yang saya gunakan ini.


Semoga info diatas bermanfaat jangan lupa share dan klik like to facebook.....

Thank's.... 


Share on :
Share

Lihat Juga Yang Berikut Ini :



Special Tips :

0 komentar:

Post a Comment

Aturan Dalam Berkomentar :

1. Silakan Berkomentar Dengan Baik Dan Sopan.
2. Mohon Untuk Tidak Mencantumkan Link Aktif Pada Komentar.
3. Mohon Untuk Tidak Promosi Produk Disini (Dianggap Spam).
4. Bila Komentar Tidak Sesuai Aturan Diatas Maka Komentar Akan Saya Hapus.

<-- Thank's -->